Tindak Lanjut Workshop SDM oleh Balai Jakon Kementerian PUPR, Jakon Dinas PUPR Sulbar Langsung Koordinasikan Tingkat Kabupaten

Amanah workshop yang dilaksanakan Balai Jasa Konstruksi Kementerian PUPR di Makassar, 19-20 Oktober 2023 lalu, langsung ditindaklanjuti oleh Bidang Jasa Konstruksi Sulawesi Barat. Hal ini dilaksanakan dengan mengutus pembina jasa konstruksi tingkat Sulawesi Barat untuk follow up usulan yang sudah disepakati di workshop tersebut.

Disambangi di Dinas PUPR Kabupaten Mamasa, bapak Yusak, S.T., M.T. menyebutkan “Kami apresiasi kunjungan Dinas PUPR Sulbar ini. Kami harapkan koordinasi seperti ini dapat dilakukan intensif. Apalagi kami belum sebulan menjabat sebagai kepala bidan Jasa Konstruksi di Dinas PUPR ini.”

Dalam kunjungan yang dilaksanakan Dinas PUPR Sulawesi Barat disebutkan bahwa pendataan sertifikat Badan Usaha yang aktif di Kabupaten Mamasa adalah hal yang wajib dilaksanakan. Ini untuk memenuhi urusan wajib di Provinsi Sulawesi Barat dalam hal memenuhi data yang tersaji pada sistem informasi pembina jasa konstruksi.

Selain itu penyediaan tenaga ahli juga perlu dikoordinasikan, jabatan kerja apa yang dibutuhkan sehingga kuota tingkat provinsi sulawesi Barat dapat terpenuhi sesuai target rencana strategis pada Dinas PUPR Sulawesi Barat. Dalam komentar yang disampaikan oleh Pembina Jasa Konstruksi, Pejabat Fungsional, bapak Firman Juang Mallarangeng mengatakan bahwa “Kebutuhan tenaga ahli kita di Sulbar harus berbanding lurus dengan kebutuhan serta potensi ketersediaan calon tenaga ahli itu. Konfirmasi kita hari ini adalah kuota tenaga ahli yang dibutuhkan Dinas PUPR Kabupaten Mamasa.”

“Kami harus meyakinkan para pengambil keputusan tingkat balai bahwa ketersediaan calon tenaga ahli yang bersumber dari SMK dan Perguruan Tinggi di Sulawesi Barat adalah potensi yang dimiliki oleh daerah kita. Di Sulawesi Barat ini terdapat Universitas Tomakaka dan Universitas Sulawesi Barat yang menopang keberlanjutan tenaga ahli kita. Olehnya itu kita perlu mensupport institusi ini untuk dapat terus menciptakan tenaga ahli yang berkualitas pada saatnya nanti.”

Diakhir kunjungan ditandatangani usulan kerja peningkatan kualitas melalui pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil sebanyak 100 orang dari Kabupaten Mamasa untuk diserahkan ke provinsi dan diteruskan ke pihak Balai Wilayah VI Jasa Konstruksi di Makassar.

spbedinaspuprsulbar

sulbarmajuterus

Leave a Reply

Your email address will not be published.