Memulai Awal Tahun 2024, Dinas PUPR Menggelar Rilis Program yang Sudah Dibangun

Dinas PUPR menggelar rilis kegiatan di awal tahun 2024 dalam rangka mengevaluasi dan transparansi kinerja Dinas PUPR. Sejumlah kegiatan yang sudah dibangun disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR kepada awak media PUPR Sulawesi Barat melalui Sistem Pemerintahan Berbasis elektronik.

Dalam rilis tersebut disampaikan apa yang telah dibangun Dinas PUPR Sulawesi Barat pada enam kabupaten, terkhusus beberapa kegiatan yang ada dalam kawasan Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Di Mamuju khususnya terbangun beberapa gedung, yakni diantaranya Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia Pengurus Daerah Sulawesi Barat senilai Rp 2.613.826.500,- yang berada di Jl. Marthadinata Kelurahan Simboro Mamuju. Kapasistas gedung ini diperkirakan dapat mewadahi kegiatan KONI Sulbar sehingga olahraga yang ada di provinsi ke-33 ini semakin maju kedepannya.

Selain membangun kawasan kantor Gubernur, beberapa kegiatan diluar itu juga terlaksana dengan baik. Bangunan lain yang dibangun tahun ini adalah Pembangunan Sarana dan Prasarana Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat senilai Rp 4.549.886.628,- Ada lagi Penataan Ruang Terbuka di Pulau Karampuang dengan anggaran Rp 1.813.000.000,-, Lapangan Mini Soccer di kawasan kantor Gubernur memakai anggaran Rp 367.675.181,-, serta rehabilitasi beberapa rumah jabatan ketua DPRD serta wakil Ketua DPRD.

Pada kegiatan Bidang Bina Marga telah terbangun Penanganan Log Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemeliharaan Berkala, Peningkatan/Rekonstruksi) Jalan Ruas Salutambung – Urekang yang menelan anggaran Rp 23.495.129.250,00. Selain itu Penanganan Log Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemeliharaan Berkala, Peningkatan/Rekonstruksi) Jalan Ruas Lampa (Mapilli) – Matangnga sebesar Rp 9.600.611.000,00. Ada juga Penggantian Jembatan Sungai matangnga Ruas Lampa (Mapilli) – Matangnga Rp 10.000.000.000,00. Untuk Kawasan Mamuju dibangun Peningkatan Jalan Ruas Batas Tapalang Barat – Batas Tapalang (Desa Tampalang) senilai Rp 2.800.000.000,00. Di Majene Peningkatan Jalan Ruas Lombongan Petabeang senilai Rp 1.350.000.000,00 serta beberapa rusa jalan lain yang dibangun Dinas PUPR ini.

Selanjutnya pada Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) yaitu pembangunan yang telah dilakukan pada Daerah Irigasi Lakejo Polewali Mandar dengan anggaran sebesar Rp 2.485.980.759,00. Selain itu Peningkatan Saluran Buang D.I Tobadak dengan anggaran sebesar Rp 889,760,000,00. Seluruh Kegiatan yang dilakukan tahun ini adalah bersumber dari pajak masyarakat Sulawesi barat sehingga kita semua harus menjaganya secara bersama-sama. Tahun depan akan kita bangun beberapa kegiatan yang tentunya telah direncanakan sebelumnya.

Di beberapa bidang lain juga telah dilaksanakan kegiatan yang semuanya bermuara pada pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. Pada Bidang Tata Ruang telah diselesaikan Penyusunan Tata Ruang Sulawesi Barat sebagaimana akan menghasilkan peraturan daerah. Pada Bidang Jakon, sejumlah Tenaga Ahli telah dilahirkan pada tahun ini, bahkan telah disusun Peraturan Daerah tentang Jasa Konstruksi dimana hal ini akan berpihak kepada Pengusaha Lokal, serta penjaminan keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap semua tukang yang bekerja di lapangan.

Pada UPTD Pengujian laboratorium kami mendampingi banyak kualitas dan uji mutu konstruksi berdasarkan beberapa usulan yang ada, termasuk diantaranya permintaan pendampingan terhadap pengujian jika ada persoalan mutu beton. Begitu juga pada UPTD Jalan dan Jembatan, beberapa fungsi-fungsi koordinasi telah kami lakukan sehingga tidak ada lagi kerusakan jalan kewenangan Provinsi Sulawesi barat yang menghambat pemakai jalan di Sulawesi barat.

Diharapkan untuk tahun depan bisa lebih baik lagi, lebih cepat, dan tentunya memenuhi syarat dan ketentuan perundang-undangan da optimis dengan koordinasi yang baik kepada semua pihak akan terjalin kerjasama yang baik pula, tentunya bermanfaat ditengah-tengah masyarakat.

spbedinaspupr

sulbarhebatIndonesia kuat

Leave a Reply

Your email address will not be published.