Persiapan Percepatan Kegiatan DAK Jalan, PUPR Lakukan Koordinasi Tingkat Provinsi

Pekerjaan jalan merupakan rencana strategis yang setiap tahun fokus dilaksanakan Dinas PUPR Sulawesi Barat. Berkaitan ini dilaksanakan percepatan koordinasi persiapan teknis kegiatan untuk tahun 2024.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang perlu dilakukan penajaman terhadap apapun usulan teknis yang akan dilaksanakan tahun depan. Acara ini dihadiri oleh pihak Kementerian PUPR, Dinas PUPR Sulawesi Barat, serta seluruh Kepala Dinas PUPR Kabupaten se-Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, bapak Kepala Dinas PUPR, Rachmad, SE., M.Si. menyampaikan bahwa “Konstruksi jalan kita merupakan rencana strategis yang mutlak dilakukan setiap tahunnya. Perlu pembenahan konstruksi untuk menunjang jalur pertumbuhan ekonomi, serta menunjang semua akses masyarakat terpencil agar jalur produksi ke ruang-ruang pertanian dapat diakses dengan baik. Olehnya itu persoalan jalan menjadi hal yang primadona dibahas dalam kegiatan PUPR ini.”

Dalam acara ini dilaksanakan tanya jawab yang menjadi komunikasi dua arah dari Dinas PUPR Kabupaten, Provinsi dan Kementerian. Selain itu pembahasan item-item pekerjaan yang bersinggungan antara kewenangan kabupaten, provinsi, dan pusat juga dibahas.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, tidak ada lagi kegiatan yang bersinggungan yang tidak saling menunjang satu sama lainnya. Selain itu, percepatan teknis dilakukan disini. Kami harapkan bahwa kebersamaan ini dapat menghasilkan suatu kebijakan yang sifatnya teknis, saling memberikan dukungan, utamanya anggaran dari pusat yang dapat secara efektif dilakukan pekerjaannya di lapangan.”

Pada penghujung acara ini dilakukan pelatihan analisa yang digunakan untuk pekerjaan jalan, pelatihan penyusunan perkiraan biaya konstruksi, dan perhitungan desain tebal pekerasan aspal dan beton.
Pemateri berasal dari Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Barat.

spbepupr

dinaspuprsulbar

Leave a Reply

Your email address will not be published.